Blogger kamoes ini sengaja disusun karena untuk membantu masyarakat yang sulit mengingat dari berbagai bahasa dan beberapa istilah-istilah asing. Harapan kami, Kamus ini dapat membantu masyarakat, mahasiswa/i dan pelajar secara luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai bahasa dan istilah-istilah.
 

Ilmu Fisika



F




FLUIDS   (Fluida)
Fluida adalah zat yang dapat mengalir yang mempunyai partikel yang mudah bergerak dan berubah bentuk tanpa pemisahan massa. Ketahanan fluida terhadap perubahan bentuk sangat kecil sehingga fluida dapat dengan mudah mengikuti bentuk ruang. Fluida merupakan benda yang dapat mengalami perubahan bentuk secara terus menerus karena gaya gesek yang bekerja terhadapnya. Fluida juga dibagi menjadi cairan dan gas. Cairan membentuk permukaan bebas (yaitu, permukaan yang tidak diciptakan oleh bentuk wadahnya), sedangkan gas tidak.

FORCE  (Gaya)
Gaya adalah sesuatu yang menyebabkan perubahan kecepatan, wujud, dan arah suatu benda. Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan. Gaya termasuk besaran vektor ,yaitu besaran yang memiliki besar dan arah. Gaya dapat mengakibatkan benda diam manjadi bergerak, benda bergerak menjadi diam, mengubah arah gerak benda, dan perubahan bentuk

FREEZER  (Freezer)
Freezer adalah bagian dalam lemari es yang berfungsi untuk memindahkan panas dari suhu rendah ke suhu tinggi. Fungsi kulkas adalah untuk mendinginkan bahan makanan dan umumnya ada 2 bagian, yaitu bagian Freezer yang membekukan bahan makanan dan Refrigerator yang mendinginkan makanan. Bagian yang bisa membekukan bahan makanan hanya sebagian kecil ruangannya, yaitu kalau kulkas 1 pintu, yang ada di bagian atas, yang menggantung untuk membekukan bahan makanan.

FREEZE  (Membeku)
Membeku merupakan perubahan wujud zat, dari zat cair menjadi zat padat, karena terjadi penurunan suhu, membuat es dan membuat agar-agar atau jelly adalah proses yang sering dilakukan.

FREQUENCY  (Frekuensi)
Frekuensi adalah benyaknya getaran yang terjadi dalam waktu satu detik. Rumus frekuensi adalah jumlah getaran dibagi jumlah waktu untuk melakukan getaran tersebut. Untuk memperhitungkan frekuensi, seseorang menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waktu. Hasil perhitungan ini dinyatakan dalam satuan hertz (Hz). Herts di ambil dari itu nama pakar fisika Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang menemukan fenomena ini pertama kali. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan peristiwa yang terjadi satu kali per detik.

FRICTION  (Gaya Gesek)
Gaya gesek adalah gaya yang arahnya melawan dengan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud di sini tidak harus berbentuk padat, melainkan dapat pula berbentuk cair, ataupun gas. Gaya gesek antara dua buah benda padat misalnya adalah gaya gesek statis dan kinetis, sedangkan gaya antara benda padat dan cairan serta gas adalah gaya Stokes.

FUSE (sekring)
Sekering adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam rangkaian listrik, apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek. Cara kerjanya apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau terjadi hubungan arus pendek, maka secara otomatis sekering tersebut akan memutuskan aliran listrik dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain. Meskipun tugas utama sebagai pengaman, fuse atau sekering ini juga mempunyai tugas/kegunaan (tambahan), yaitu sebagai pemilih tegangan jala-jala.

0 comments:

Post a Comment