Blogger kamoes ini sengaja disusun karena untuk membantu masyarakat yang sulit mengingat dari berbagai bahasa dan beberapa istilah-istilah asing. Harapan kami, Kamus ini dapat membantu masyarakat, mahasiswa/i dan pelajar secara luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai bahasa dan istilah-istilah.
 

Ilmu Fisika



E




EARTH (Bumi)
Bumi adalah salah satu planet yang diketahui dengan adanya kehidupan sampai saat ini. Sifat-sifat bumi sering digunakan sebagai acuan untuk memahami sifat-sifat planet yang lain.  Bentuk bumi sebenarnya tidak benar-benar bulat, tetapi agak sedikit lonjong. Diameter bumi jika diukur dari kutub sampai ke kutub yang lain akan lebih pendek dibandingkan diameternya jika diukur dari khatulistiwa.

ECLIPSE (Gerhana)
Gerhana adalah penggelapan dalam bahasa Latinnya (ekleipsis). Gerhana merupakan suatu istilah untuk menjelaskan suatu gejala gelap yang terjadi bila benda langit terhalang benda langit lain. Gerhana berakibat sinar dari suatu benda langit terhalang sebagian atau seluruhnya. Contoh gerhana yaitu gerhana bulan atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Moon eclipse sedangkan gerhana matahari dalam bahasa Inggrisnya adalah Solar Eclipse atau sun eclipse.

ELECTRICAL POWER (Daya listrik)
Daya listrik didefinisikan sebagai laju hantaran energi listrik dalam rangkaian listrik. Satuan daya listrik adalah watt. Daya listrik, seperti daya mekanik, dilambangkan oleh huruf P dalam persamaan listrik. Pada rangkaian arus DC, daya listrik sesaat dihitung menggunakan hukum joule. Daya listrik mengalir di manapun medan listrik dan magnet berada di tempat yang sama.

ELECTRIC CHARGE (Muatan listrik)
Muatan listrik, (disimbolkan dengan Q), adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda. Satuan muatan  adalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar. Muatan adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik itu berupa proton (muatan positif) maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif, jika atomnya kekurangan elektron. Sementara atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron ini, oleh karena itu muatan materi/atom merupakan kelipatan dari satuan Q dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya (membentuk muatan total yang netral atau tak bermuatan).

ELECTRICITY GENERATION  (Pembangkit listrik)
Pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, dan lain-lain.  Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

ELECTRIC VOLTAGE (Tegangan Listrik)
Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik, yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tegangan listrik dapat dikatakan ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi tergantung pada beda potensial listriknya.

ELECTROMOTIVE FORCE EMF (Gaya Gerak Listrik)
Gaya gerak listrik adalah beda potensial antara ujung-ujung penghantar, sebelum dialiri arus listrik. Gaya gerak listrik disingkat dengan GGL, dengan satuan volt. Gaya gerak listrik merupakan energy yang diberikan pada setiap muatan listrik untuk bergerak antara dua kutub baterai atau generator. Elektron-elektron bermuatan e yang bergerak dari kutub negative ke kutub positif melalui konduktor di luar baterai dengan gaya gerak listrik sebesar V, akan mendapat energy sebesar e x V joule. 

ELECTRON (Elektron)
Elektron adalah partikel subatomik yang bermuatan negatif dan umumnya ditulis sebaga e-. Elektron tidak memiliki komponen dasar ataupun substruktur apapun yang diketahui. Elektron memiliki massa sekitar 1/1836 massa proton. Sama seperti semua materi, elektron memiliki sifat seperti partikel maupun gelombang (dualisme gelombang - partikel), sehingga ia dapat bertumbukkan dengan partikel lain dan berdifraksi seperti cahaya.

ELECTROSTATIC  (Elektrostatis)
Elektrostatis adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang sifat fisis suatu muatan listrik yang diam (statis). Seperti yang telah kita ketahui, elektrostatis mempunyai banyak hukum-hukum terkenal yang digunakan di berbagai cabang fisika seperti hukum Gauss dan hukum Coulomb.

ELECTROMAGNET  (Elektromagnet)
Elektromagnet adalah magnet yang dibuat dengan mengalirkan arus listrik pada kumparan yang ditengah-tegahnya diisi dengan inti bahan magnet lunak. Pada elektromagnet, sifat kemagnetan bahan ada (muncul) hanya pada saat kumparan dialiri arus listrik. Oleh karena itulah, inti elektromagnet yang sering digunakan adalah besi, bukan baja karena kemagnetan besi lebih mudah hilang.

Electromagnetic Waves  (Gelombang Elektromagnetik)
Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang didalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Contoh : sinar gamma (γ), sinar X, sinar ultra violet, cahaya tampak, infra merah, gelombang radar, gelombang TV, gelombang radio. Gambar disamping adalah bentuk gelombang elektromagnetik.

ELECTRON MICROSCOPE  (Mikroskop Elektron)
Mikroskop elektron adalah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran bayangan benda sampai 2 juta kali, yang menggunakan elektrostatik dan elektromagnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar, memiliki kemampuan pembesaran objek, serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya. Mikroskop elektron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektromagnetik yang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya.

ELEMENT (Unsur)
Unsur adalah zat tunggal yang terdiri dari satu jenis partikel / atom yang tidak dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Di dunia ada 114 unsur yang sudah ditemukan yang dapat kita lihat pada Tabel Periodik Unsur-Unsur. Beberapa contoh unsur adalah Aluminium (Al), Argon (Ar), Oksigen (O), Hidrogen (H), Karbon (C) dan lain-lain.

Energy  (Energi)
Energi adalah daya kerja atau tenaga, energi berasal dari bahasa Yunani, yaitu energia yang merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi merupakan besaran yang kekal, artinya enegi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Ditinjau dari asalnya energi mempunyai bermacam-macam bentuk seperti energi potensial, energi kinetic,  energi kimia, dan energi kalor.

EYE (Mata)
Mata adalah alat optik yang dimiliki oleh manusia dan hewan, digunakan untuk melihat. Mata merupakan organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Cara kerja mata yang paling sederhana adalah hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya terang atau gelap. Mata merupakan satu-satunya alat optik yang canggih dan bukan buatan manusia. Sifat bayangan pada mata adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Mata memiliki bagian-bagian dengan sifat dan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian mata diantaranya kornea, iris (selaput pelangi), pupil,  lensa mata,  dan retina.

EXPANSION  (Pemuaian)
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu, atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor.  Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas. Pemuaian pada zat gas ada 3 jenis yaitu pemuaian panjang (untuk satu demensi), pemuaian luas (dua dimensi) dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pada zat cair dan zat gas hanya terjadi pemuaian volume saja.

0 comments:

Post a Comment