Blogger kamoes ini sengaja disusun karena untuk membantu masyarakat yang sulit mengingat dari berbagai bahasa dan beberapa istilah-istilah asing. Harapan kami, Kamus ini dapat membantu masyarakat, mahasiswa/i dan pelajar secara luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai bahasa dan istilah-istilah.
 

Ilmu Fisika



D




DECLINATION ANGLE  (Sudut deklinasi)
Sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk antara arah utara kompas dengan arah utara Bumi
Untuk menentukan sudut deklinasi kita dapat melakukan dengan cara menempatkan arum kompas di atas poros yang memungkinkan dapat bergerak bebas pada arah mendatar. Bandingkan arah kutub utara-selatan jarum kompas terhadap arah utara-selatan geografis tempat kita melakukan pengamatan. Sudut yang dibentuk oleh kedua arah tersebut adalah sudut deklinasi tempat tersebut.

DENSITY  (Massa Jenis)
Massa jenis adalah besarnya massa setiap satuan volume suatu benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air). Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg·m-3). Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya dan berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama, jadi massa jenis merupakan salah satu karakteristik yang dimiliki oleh suatu benda. Rumus untuk menentukan massa jenis adalah   , untuk mengukur massa jenis benda sangat lah mudah. Perhatikan gambar.

DIAPHRAGM (Diafragma)
Diafragma adalah komponen dari lensa yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera. Diafragma merupakan alat yang diletakkan pada jalan cahaya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Pengaturan dilakukan dengan jalan memperkecil atau memperbesar lubang pelaluan cahaya.  Diafragma lensa biasanya membentuk lubang mirip lingkaran atau segi tertentu. Ia terbentuk dari sejumlah lembaran logam (umumnya 5, 7, atau 8 lembar) yang dapat diatur untuk mengubah ukuran lubang (disebut tingkap) dimana cahaya akan lewat. Tingkap akan mengembang dan menyempit persis pupil di mata manusia.

DIFFUSION  (Difusi)
Difusi adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut, dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. Difusi ini terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan molekul yang diam dari solid atau fluida.

DIRECT CURRENT (Arus searah)
Arus searah (bahasa Inggris direct current atau DC) adalah ARUS  listrik yang mempunyai arah dan nilai yang selalu tetap setiap saat. Arus searah merupakan aliran elektron dari suatu titik yang energi potensialnya tinggi ke titik lain yang energi potensialnya lebih rendah. Sumber arus listrik searah biasanya adalah baterai (termasuk aki dan Elemen Volta) dan panel surya. Arus searah biasanya mengalir pada sebuah konduktor, walaupun mungkin saja arus searah mengalir pada semi-konduktor, isolator, dan ruang hampa udara.

DOPPLER   EFFECT  (Efek Doppler)
Efek Doppler adalah gejala bunyi yang diselidiki oleh Doppler, membahas perubahan frekuensi yang diterima oleh pengamat (pendengar) akibat gerak relative antara sumber bunyi dengan pendengar. Misalnya gelombang bunyi yang dikeluarkan oleh sumber bunyi dan pendengar bergerak saling mendekati. Maka frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar akan lebih tinggi daripada frekuensi sebenarnya dari bunyi yang dihasilkan sumber bunyi. Namun, jika sumber bunyi dan pendengar bergerak saling menjauhi, maka frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar akan lebih rendah daripada frekuensi sebenarnya. Frekuensi yang ditangkap pengamat berkaitan dengan frekuensi sesungguhnya (yang dipancarkan sumber bunyi) dan kelajuan sumber dan pengamat serta kelajuan gelombang dalam medium dapat dituliskan sebagai berikut :

0 comments:

Post a Comment