Blogger kamoes ini sengaja disusun karena untuk membantu masyarakat yang sulit mengingat dari berbagai bahasa dan beberapa istilah-istilah asing. Harapan kami, Kamus ini dapat membantu masyarakat, mahasiswa/i dan pelajar secara luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai bahasa dan istilah-istilah.
 

Ilmu Fisika



I





INCLINATION ANGLE  (Sudut Inklinasi)
Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh garis gaya magnet Bumi dengan arah horisontal Bumi. Untuk menentukan sudut inklinasi suatu tempat dapat dilakukan dengan cara menempatkan jarum kompas di atas poros yang memungkinkan dapat bergerak bebas pada arah fertikal. Kemudian bandingkan arah kutub utara-selatan jarum kompas terhadap arah mendatar tempat  melakukan pengamatan. Sudut yang dibentuk oleh kedua arah tersebut adalah sudut inklinasi tempat tersebut


INCLINED PLANE (Bidang miring)
Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus, terhadap permukaan horizontal. Penerapan bidang miring dapat mengatasi hambatan besar dengan menerapkan gaya yang relatif lebih kecil melalui jarak yang lebih jauh, dari pada jika beban itu diangkat vertikal. Dalam istilah teknik sipil, kemiringan (rasio tinggi dan jarak) sering disebut dengan gradien. Bidang miring adalah salah satu pesawat sederhana yang umum dikenal.

INERTIA (Kelembaman)
Kelembaman adalah kecenderungan semua benda untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya. Prinsip inersia adalah salah satu dasar dari fisika klasik yang digunakan untuk memberikan gerakan benda dan pengaruh gaya yang dikenakan terhadap benda itu. Kata inersia berasal dari kata bahasa Latin, "iners", yang berarti lembam, atau malas. Isaac Newton mendefinisikan inersia sebagai "vis insita", atau gaya dalam materi,yaitu daya untuk menahan, yang dengannya setiap benda berusaha untuk mempertahankan keadaannya saat itu, apakah diam, atau bergerak beraturan ke depan dalam garis lurus.

INFRASONIK (Infrasonik)
Infrasonik adalah suara dengan frekuensi terlalu rendah untuk dapat didengar oleh telinga manusia. Infrasonik berada dalam rentang 17 Hertz sampai 0,001 Hertz. Rentang frekuensi ini adalah sama dengan yang digunakan oleh seismometer untuk mendeteksi gempa bumi. Gelombang infrasonik bercirikan dapat menjangkau jarak yang jauh dan dapat melewati halangan tanpa kehilangan kekuatannya atau relatif kecil. Gelombang infrasonik pertama kali yang diamati kemungkinan adalah ketika gunung Krakatau meletus menghasilkan gelombang atau getaran yang mengelilingi bumi sedikitnya 7 kali dan tercatat di berbagai stasiun di seluruh dunia.

INSULATOR (Isolator)
Isolator adalah bahan yang suli menghantarkan arus listrik. Dalam struktur atomnya, elektron-elektron  pada isolator terikat kuat denga intinya. Beberapa gahan padat diklasifikasikan sebagai isolator disebabkan tahananyayang sangat besar terhadap aliran arus listrik, contohnya kayu, kaca, plastic, dan gabus. Dalam instalasi listrik, isolator digunakan sebagai tempat untuk memegang kawat berarus, agar tidak terkena arus listrik. Bahan yang digunakan untuk isolator biasanya dari porselen. Isolasi listrik dimaksudkan agar arus listrik sebanyak mungkin dapat mengalir melalui penghantarnya dan terhindar dari bahaya korselting atau hubungan arus pendek. Bahan ini umumnya, mempunyai berat jenis yang kecil.

INTERNATIONAL UNIT  (Satuan Internasional)
Sistem Satuan Internasional adalah sistem satuan atau besaran yang paling umum digunakan. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). Sistem SI ini secara resmi digunakan di semua negara di dunia, kecuali Amerika Serikat (yang menggunakan Sistem Imperial), Liberia, dan Myanmar.
Dalam sistem SI terdapat 7 satuan dasar/pokok SI dan 2 satuan tanpa dimensi.

ION  (Ion)
Ion adalah atom atau sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion bermuatan negatif, yang menangkap satu atau lebih elektron, disebut anion, karena dia tertarik menuju anoda. Ion bermuatan positif, yang kehilangan satu atau lebih elektron, disebut kation, karena tertarik ke katoda. Proses pembentukan ion disebut ionisasi.

0 comments:

Post a Comment